Senin, 21 Maret 2011

Bahayanya Buang Batu Baterai Bekas Sembarang


Banyak yang belum mengetahui bahayanya mambuang baterai bekas seperti baterai remote, mainan, jam tangan, telepon seluler, kamera digital maupun baterai yang bisa di charge. Sebenarnya itu termasuk B3 ( Bahan Berbahaya dan Beracun ). Yang bila dibuang sembarangan kandungan logam berat dan zat-zat berbahaya yang terdapat dalam baterai bisa mencemari air dan tanah yang  dampaknya akan membahayakan tubuh manusia.

Bahayanya baterai di buang sembarang.

Baterai mengandung berbagai macam  logam berat seperti merkuri, timbale, niken, lithium dan yg lainnya. Jika baterai dibuang sembarangan maka berat yang terkandung didalamnya akan mencemari airtanah dan sangat membahayakan kesehatan. Dan jika sudah tercemari efeknya akan berjangka panjang
.
Jika zat-zat yang berbahaya tersebut sudah tercemar maka akan dengan mudahnya memasuki  sel-sel otak dan berdampak serius seperti merusak saraf dan bisa membuat orang menjadi gila bahkan kematian.
Selain itu, dapat menyebabkan keracunan kronis dan menjadi faktor menyebabkan emfisem
paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada kantung udara di paru-paru), osteomalasia (pelunakan tulang), anemia (kurang darah), juga membuat kelumpuhan pada tubuh manusia.

Apalagi jika limbah tersebut bercampur dengan limbah berbahaya lainnya, apakah yang terjadi ??? anda bisa memprediksikannya sendiri. Karena itu penting sekali untuk sosialisasi dengan warga agar mereka tau bahaya ato dampak apa yang terjadi bila membuang baterai bekas sembarangan.

Tempat buang limbah baterai

Beberapa daerah sudah memiliki tempat penampungan baterai bekas sementara, seperti dikutip dari wwf.or.id beberapa tempat yang bisa menampung sampah baterai bekas antara lain:

Bandung:
Tobucil
Jl. Aceh no.56
Telp: 022 - 426 1548
cp: Tarlen

Yayasan Kontak Indonesia
Jl. KHA Dahlan No. 67
Telp: 022 - 723 0735
cp: Endy

Tp kebayang ya, yang rumahnya jauh… klo ke t4 itu Cuma buat buang baterai bekas ajj..ihihihi


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More